• (021) 800 9342 | (021) 800 4818 | (021) 801 3364 | (021) 809 0294
  • info@alkhairaatku.sch.id

Dokter Kecil - SDIT Al Khairaat

Submitted by novel on Fri, 10/11/2019 - 01:34
q

Apakah Dokter Kecil itu?

Dokter kecil atau biasa disingkat 'Dokcil' adalah peserta didik (siswa sekolah) yang memenuhi kriteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Tujuan Program Dokter Kecil ialah meningkatkan partisipasi peserta didik dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Dengan adanya program ini peserta didik diharapkan dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, rumah dan lingkungannya serta dapat menolong dirinya sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Kamis(10/10), SDIT Al Khairaat melaksanakan pelantikan Dokcil yang diikuti oleh 30 siswa/siswi kelas 4. Sebelum dilantik, para calon dokcil mengikuti petihan selama dua hari pada jumat dan sabtu(4-5/10). Pelatihan ini menghadirkan beberapa dokter dari Puskesmas Batu Ampar dan dokter Klinik Alkhairaat. Di hari pertama, para calon dokcil diberi materi tentang UKS dan Dokcil, obat dan pengobatan sederhana, P3K, gizi anak sekolah, kebersihan dan kesehatan perseorangan, dan terakhir kesling oleh dokter Kelurahan Batu Ampar. Selain itu, di hari pertama juga diisi dengan kehadiran mahasiswa jurusan keperawatan yang memberikan penyuluhan dan games kepada calon dokcil. Di hari kedua, ada materi kesehatan gigi dan mulut, imunisasi dan P2M, kesehatan jiwa dan Napza, kesehatan mata dan pemeriksaan mata yang di sampaikan oleh dokter Klinik Alkhairaat. Di akhir materi, para calon dokcil ini diharuskan mengikuti post test untuk menguji pengetahuan yang mereka dapat setelah pelatihan.

“Nantinya, peserta yang lolos menjadi Dokcil akan melakukan tugasnya sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Sambil menggunakan seragam dokcil, mereka akan memberikan pengarahan kebersihan kelas kepada adik kelas, melakukan pemeriksaan kebersihan kuku, pemeriksaan jentik, dan pencatatan kebersihan, keindahan dan kerapihan kelas,“ ucap Afra Muthiah, selaku PJ UKS SDIT Al Khairaat. (RH)

Foto lengkapnya ada loh disini http://www.alkhairaatku.sch.id/gallery/dokcil-2019