• (021) 800 9342 | (021) 800 4818 | (021) 801 3364 | (021) 809 0294
  • info@alkhairaatku.sch.id

MARKET DAY - SDIT Al Khairaat

Submitted by novel on Wed, 12/04/2019 - 03:44
1

MARKET DAY
Alkhairaat, Condet – Jumat (31/11), SDIT Al Khairaat melaksanakan kegiatan Market Day. Sejak pagi, stan makanan dan minuman sudah mulai ramai di lapangan sekolah. Dari tujuh kelas, kelas 4 dan kelas 5, total stan yang meramaikan kegiatan ini berjumlah 21 stan.

Kegiatan market day ini sejalan dengan materi pembelajaran kelas 5 tentang usaha. “Karena ini kegiatan rutin setiap tahun, jadi biasanya kita lihat hasil evaluasi dari tahun sebelumnya. Dari evaluasi itu diketahui apa saja yang memenuhi keinginan pasar sehingga habis terjual, dan apa saja yang minat belinya rendah. Untuk dagangan yang minat belinya rendah, itu kita hilangkan di tahun ini untuk menghindari kerugian dari peserta dagang,” jelas Dian Septiarini, waka bidang kurikulum.

Dari kegiatan dagang yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini, salah satu kelompok berhasil mengumpulkan keuntungan terbesar sebesar Rp 690.000 dan kelompok lainnya memperoleh keuntungan terkecil sejumlah Rp 76.000. Setiap kelompok dipinjamkan modal yang sama oleh komite kelas masing-masing. Nantinya, modal ini akan dikembalikan dari hasil penjualan. Sebagian dari keuntungan yang diperoleh akan disisihkan untuk infaq kebersihan, dan sisanya dibagi rata untuk masing-masing anggota kelompok dagang.

“Alhamdulillah di tahun ini tidak ada kelompok yang mengalami kerugian. Antusias siswa, baik yang berdagang atau pun yang membeli, sangat positif dengan adanya Market Day ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa dapat melatih kemandirian dalam mengatur keuangan. Siswa juga dapat mengenal uang melalui proses pembelian dan pengembalian uang. Selain itu kegiatan ini juga bisa melatih sifat jujur, amanah dan kesadaran akan susahnya mencari uang,” tambah Dian Septiarini. Di akhir kegiatan, siswa diharuskan membuat laporang kegiatan sekolah berupa LKS yang nantinya akan dimasukkan ke dalam nilai matematika, bahasa indoneisa SBDP dan IPS. (-RH)